gambaran hai kiamat

GAMBARAN HARI KIAMAT

tsunami112

Dalam satu hadits Rasulullah saw bersabda: “Ketika kamu melaihat tanda-tanda pada musim semi, maka ingatlah pada hari kiamat !” Dalam hadits ini Rasulullah saw telah mengumpamakan musim semi dengan hari kiamat.

Maha Besarlah Allah, yang mampu menghidupkan kembali bumi yang telah mati pada musim semi. Dan Allah juga mampu menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati besok pada hari kiamat. Tiada sesuatu pun yang menyerupai-Nya dalam kekuasaan.

Dalam syarah hadits ini disebutkan, sesungguhnya musim semi itu menyerupai atau sebagai perumpamaan hari kiamat, dilihat dari sepuluh segi.

1) Biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan keluar dari bumi pada musim semi, sebagaimana keluarnya mayat dan orang yang terpendam dalam bumi pada hari kiamat.
2) Selepas musim semi, ada istirahat yang sangat menyenangkan dan menyedihkan bagi manusia. Yang demikian itu pun kelak akan terjadi pada hari kiamat, dimana ada golongan yang beruntung dan bahagia, ada juga golongan yang merasa sengsara.
3) Bagi orang-orang yang sewaktu di dunia memakan makanan haram, akhirnya pada hari kiamat ia akan di timpa siksaan, dihinakan dan terlantar, hingga ia menemukan kekecewaan yang tiada tandingannya.
4) Bagi orang-orang yang sewaktu di dunia giat beramal, tetapi karena sifat riya’ dan kekufurannya maka pada hari kiamat semua amal ibadahnya bagai debu yang berhamburan diterpa angin.
5) Bagi orang-orang yang shalih, yang menjauhi larangan-Nya dan mengamalkan perintah-Nya, mereka akan berkumpulnya dengan orang-orang yang ikhlas dan orang-orang yang beruntung.
6) Ketika di tiupkan angin kebahagiaan dan angin kesengsaraan, pada saat itu ada sebagian orang yang merasa senang dan bahagia dan ada sebagian lain yang merasa susah dan sengsara.
7) Pada musim dingin, ada sebagian pohon yang gundul. Tetapi pada musim semi pohon tersebut di hiasi dengan aneka hiasan, hingga pohon yang semula jelek karena tidak berdaun, jadi kelihatan indah dan agung. Itulah gambaran orang-orang zuhud.
8) Bahwasanya tanaman yang tumbuh di musim semi, maka orang yang mempunyai tanaman itu akan merasa senang, sebab tanamannya bisa tumbuh pada musim semi. Dan orang yang tidak menanam akan merasa menyesal, sebab tidak mempunyai tanaman. Itu adalah gambaran para ahli ibadah.
9) Jika engkau menanam pada musim gugur, maka akan menjadi semakin besar tanaman itu pada musim semi. Itulah gambaran bagi mereka yang sewaktu di dunia gemar beramal dengan amalan yang baik.
10) Pada musim semi, di permukaan bumi tampak beraneka macam warna dan jenis bunga. Demikian gambaran pada hari kiamat, akan nampak jelas orang-orang yang ikhlas dan bertakwa, serta orang-orang yang kafir dan ingkar kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters