BARSELONISTAS

Barcelonistas Indonesia: Anggoro Dan Fariz

4410Persaingan La Liga semakin memanas. Bagaikan panas api neraka. Bagaimana tidak, penghuni singgasana La Liga, Real Madrid, mulai di teror oleh Barcelona dengan sisa 4 poin. Fiuh… Seperti lagunya Gigi: Panas-panas-panas kompetisi ini.

Karena itu, Bolanova kembali bertanya kepada Barcelonistas Indonesia yang masih duduk dibangku kuliah yaitu Fariz Setyadi, Kuliah di Nanyang Technological University, Singapura dan Anggoro Manik, Kuliah semester akhir di salah satu Universitas di Yogyakarta. Mari kita simak interview online ini.

Bagaimana peluang Barca juga di liga spanyol? Mengingat sudah terpaut 4 angka dari Madrid.

Anggoro: Menurut saya sih peluang masih ada, selisih poin hanya 4 angka, itu jarak yang hanya dalam 2 pekan bisa berubah sama sekali. Pemain Barca juga lebih baik daripada Madrid. Sekarang tinggal tergantung pemain Barca mau mengeluarkan semua daya dan upaya untuk menang atau tidak. Saya pribadi jelas sangat menginginkan Barca menjadi juara, menurut saya Madrid tidak pantas juara musim lalu, dan untuk musim ini pun kenyataan bahwa Madrid ada diatas Barca itu agak sedikit mengganggu saya karena Madrid tidak bermain lebih baik dari Barca. Hanya saja seperti yang pernah dibilang oleh Xavi, para pemain Barca tidak bisa mengharapkan menang dan jadi juara hanya dengan nama besar mereka. Saya setuju dengan Xavi, saya benar-benar tidak mengerti bagaimana mungkin permainan Barca bisa berubah drastis seperti sekarang, miskin kreativitas dan cenderung hanya memanfaatkan skill individu masing-masing pemain. Satu-satunya penjelasan yang menurut saya masuk akal dari semua itu hanyalah bahwa pemain Barca tidak pernah benar-benar mengeluarkan kemampuannya dan bermain dengan hati seperti yang ditunjukkan 2 tahun lalu saat menjuarai La Liga dan LC.

Fariz: Peluang selalu ada, dan sekarang bertambah besar, masih ada 27 point untuk diperebutkan, bahkan Barca - Madrid masih akan bertemu, kesempatan besar untuk mengejar.


Bagaimana masa depan Thuram dan Zambrotta di Barca?

Anggoro: Menurut saya keduanya bakal dilepas akhir musim nanti, zambrotta balik ke italy sementara thuram tidak tahu kemana.

Fariz: Thuram mungkin lebih perlu diganti, karena usia dan kemampuan yang menurun, Zambrotta blom perlu, masih lebih bagus daripada Oleguer di kanan. Sedangkan kalo dia maen di kiri bisa menggantikan Abidal/Sylvinho

Apa komentar anda atas cideranya sang Mesiah, Lionel Messi?
messi
Anggoro: Menyedihkan tentu saja, mengingat Messi bermain sangat luar biasa di hampir semua pertandingan sebelum mengalami cedera. Satu-satunya yang saya khawatirkan karir Messi bakal seperti Michael Owen. Dianugerahi bakat luar biasa tapi memiliki fisik yang sangat rapuh. Mudah-mudahan itu tidak terjadi. Messi masih muda, dia bisa banyak belajar bagaimana agar tidak terlalu sering di ‘hajar’ pemain lawan. Tp messi juga jangan nyontoh cristiano ronaldo yang cuma bisa tampil hebat lawan tim menengah ke bawah.

Fariz: Messi memang salah satu pemain penting Barca tapi yang terpenting adalah kekuatan tim, kabar optimis Messi bakal sembuh akan mendongkrak mental Barca untuk merebut gelar Liga dan UCL

Apa komentar anda dengan bertemunya Barca dengan Schalke di perempat final Liga Champions?

Anggoro: Menyenangkan! Dari semua lawan yang mungkin dihadapi Barca ternyata yang muncul ‘hanya’ Schalke. Bukannya meremehkan, hanya saja dengan cederanya messi, kemungkinan tidak bisa bermain di perempat final walaupun berita terakhir yang saya baca Messi bisa bermain di 2nd leg nya, dan masih labilnya performa Barca jelas ‘hanya’ bertemu Schalke adalah sesuatu yang harus disyukuri. Dengan begitu jika Barca mampu menang meyakinkan di 1st leg nanti, maka messi tidak perlu terpaksa diturunkan pada 2nd leg dan waktu untuk recovery nya semakin panjang.

Fariz: Schalke bukan lawan yang ringan, namun Barca tetap punya keunggulan lebih dibanding Schalke.
Dengan lawan yg cukup ringan dibanding partai2 lain, Barca harus tetap fokus dan wajib menang di leg 1 dikandang Schalke nanti

Bagaimana kerja dari Frank Rijkard hingga saat ini? Cukup memuaskan? Atau Barca perlu ganti pelatih baru?

Anggoro: Pertanyaan yang sulit, secara pribadi menurut saya Rijkaard oke kok. Dia udah memberikan banyak hal untuk Barca. Rijkaard juga yang mengajarkan gaya attacking football yang menghibur. Memang klo yang menjadi ukuran adalah performa tim dan posisi di klasemen saat ini Rijkaard tergolong mengecewakan untuk ukuran tim yang bertabur bintang, tapi tentu saja itu bukan peran Rijkaard seorang. Pemain Barca juga ikut bertanggung jawab atas hasil kurang baik yang diperoleh akhir-akhir ini. Sehebat apapun seorang pelatih tetap saja yang menentukan hasilnya adalah pemain itu sendiri. Saya tidak menginginkan Rijkaard diganti, hanya saja kalo memang harus diganti saya pikir Juande Ramos orang yang cocok untuk Barca. Sebenernya siapapun boleh asal jangan Mourinho. Dia orang yang menyebalkan.

Fariz: 2 tahun diawal kepelatihan dia cukup sukses. Sementara 2 tahun terakhir ini memang banyak kritik kepadanya. Asal dia mampu untuk mempersembahkan satu saja gelar tahun ini, dia ga perlu diganti

Terakhir, pertanyaan standar, Pilih 11 pemain Barca terbaik sepanjang masa.

Anggoro: Sebenernya saya kurang pantas menjawab pertanyaan ini, saya baru menjadi fans Barca sejak tahun 98. Tapi klo memang harus memilih, dari berbagai referensi yang saya baca maka ke 11 pemain terbaik itu adalah
Zubizaretta
Stoitchkov
Koeman
Enrique
Guardiola
Nadal
Kubala
Cruyff
Laudrup
Rivaldo
Ronaldinho.

Sebenernya ada beberapa pemain lagi, 11 tidaklah cukup. Saya sendiri hanya dapat menyaksikan beberapa diantaranya.

Fariz:
1. Ronaldinho
2. Rivaldo
3. Luis Enrique
4. Xavi
5. Johan Cruyff
6. Overmars
7. Luis Figo
8. Larsson
9. Giuly
10. Kliuvert

8 comments:

  1. ghifar, 24. December 2008, 20:55

    Sy butuh alamat barcelonistas indonesia di Sby dimana ya thx

  2. jaa, 17. March 2009, 12:03

    hidup barcelona

    saya butuh alamat web fans barcelona di indonesia…

    kirim ke email yhhh…

  3. Anton, 7. April 2009, 12:03

    Bagaimana Cara menjadi anggota barcelonistas Indonesia

  4. alibh, 15. April 2009, 19:17

    barcelona…… MANTAP

    klw mw gabung barcelonitas gmana

  5. milanisti ancelloti, 7. May 2009, 4:06

    wLo saya bukan murni fans Barca.,tp acungan jempoL bwt Barca…
    cheLsea vs Barca…..Dramatis abiiiiiiisssssssssssssssssssss……..
    GBU barca .

  6. musyafri, 13. May 2009, 9:32

    bagaimana caranya gabung dengan BARCELONISTA INDONESIA……..?,apkah ada blog untuk BARCELONISTA INDONESIA……?

  7. PRIATNA SAKTI, 27. January 2010, 18:24

    I LOVE U FUL BARCA.. JAGA KEKOMPAKAN DAN TETAP BERMAIN TIM

  8. becks leo, 5. March 2010, 15:14

    BARCA emang team yang bagus….
    pertahankan tu

Write a comment:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters